Leaflet

Latar Belakang

Indonesia merupakan salah satu negara yang termasuk dalam wilayah rawan bencana, bahkan beberapa negara lain memberikan predikat sebagai laboratorium bencana di dunia. Hasil catatan resmi Pemerintah dari bulan Januari sampai Maret 2019, telah terjadi 1.107 kejadian bencana di Indonesia (BNPB 2019). Mitigasi bencana, kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, dan pengurangan risiko bencana masih perlu terus ditingkatkan. Oleh karena itu kehadiran Pemerintah sangat penting dalam mitigasi maupun penanganan pasca-bencana secara integratif, agar meminimalisir dampak yang terjadi. Seluruh aktivitas tersebut dimaknai sebagai investasi pembangunan berkelanjutan secara nasional.

Dalam rangka mensosialisasikan budaya siaga terhadap bencana yang dicanangkan oleh Pemerintah, FMIPA-UT tergerak untuk menyelenggarakan seminar nasional bertema ”Peran Matematika, Sains, dan Teknologi dalam Kebencanaan”. Forum seminar nasional ini menjadi ajang yang sangat strategis untuk saling berbagi pengalaman, pengetahuan, dan praktik baik dalam hal kebencanaan, dampak bencana maupun tata ruang dari berbagai aspek. Kami berharap kepada berbagai pihak untuk berpartisipasi dan mendukung secara bersama-sama agar kegiatan ini dapat terlaksana dalam rangka menuju Indonesia tangguh bencana.

Tujuan

Seminar Nasional Tahunan Matematika, Sains, dan Teknologi Tahun 2019 mengusung tema: Peran Matematika Sain dan Teknologi dalam Kebencanaan, merupakan sarana untuk memfasilitasi para akademisi dan praktisi dalam rangka berbagi ide dan pemikiran sesuai dengan bidang kepakarannya, serta ajang diseminasi hasil penelitian dan kegiatan ilmiah para peserta seminar. Di dalam kegiatan seminar ini juga didesiminasikan hasil-hasil kolaborasi antara para akademisi dengan pemerintah daerah dan mitra strategis dalam mengembangkan program-program inovatif, yang sejalan dengan perkembangan teknologi terbaru, yang dapat mendukung mitigasi dan pasca-bencana.

Sponsor: