Leaflet

Latar Belakang

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan agenda internasional yang menjadi kelanjutan dari Tujuan Pembangunan Milenium atau Millennium Development Goals (MDGs). Satu jargon SDGs yakni “no one left behind” memperlihatkan bahwa selama ini masih ada masyarakat atau negara yang tertinggal. Tujuan dan target SDGs meliputi 3 (tiga) dimensi pembangunan berkelanjutan, yaitu lingkungan, sosial, dan ekonomi.

Perubahan lingkungan yang terjadi saat ini menyebabkan lingkungan menjadi tidak sesuai untuk mendukung kehidupan manusia. Penurunan kualitas lingkungan hutan, air, dan udara sudah sangat terasa. Berbagai cara sudah ditempuh untuk mengembalikan ke”aslian” lingkungan, namun belum sepenuhnya berhasil.

Adanya perubahan zaman yang menuju pada kehidupan yang lebih baik, tidak menjamin akan hilangnya masalah-masalah yang timbul dalam masyarakat. Justru semakin berkembangnya zaman maka semakin banyak pula masalah-masalah sosial bermunculan dalam masyarakat. Beberapa masalah sosial yang menyita perhatian diantaranya kemiskinan, pendidikan, dan kesenjangan ekonomi.

Masalah utama dalam kesenjangan ekonomi adalah perbedaan kesempatan dan tingkat pendapatan atau kekayaan antar individu yang berbeda. Dengan adanya kesempatan yang sama maka setiap orang akan memiliki akses yang lebih baik terhadap sumber daya yang ada. Selain itu, setiap orang juga harus memiliki akses terhadap kesempatan kerja dan manfaat pembangunan ekonomi lainnya.

Untuk mencari solusi terhadap berbagai permasalahan di atas dan upaya-upaya apa saja yang telah dilakukan, FMIPA-UT tergerak untuk menyelenggarakan seminar nasional bertema ”Peran Matematika Sains dan Teknologi dalam Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

(SDGs)”. Forum seminar nasional ini menjadi ajang yang sangat strategis untuk saling berbagi pengalaman, pengetahuan, dan praktek baik dalam hal lingkungan, sosial dan ekonomi sesuai dengan tujuan dari SDGs yang telah dipaparkan. Kami harapkan partisipasi dari berbagai pihak untuk mendukung dan melaksanakan kegiatan ini bersama – sama dalam rangka untuk mewujudkan Indonesia “no one left behine”.

Tujuan

Seminar Nasional Tahunan Matematika Sains dan Teknologi Tahun 2018, merupakan sarana untuk memfasilitasi para akademisi dan para praktisi untuk berbagi ide dan pemikiran sesuai dengan bidang kepakarannya serta ajang untuk diseminasi hasil penelitian dan kegiatan ilmiah para peserta seminar. Melalui seminar juga dapat didesiminasikan hasil-hasil kolaborasi antara para akademisi dengan pemerintah daerah dan mitra strategis dalam mengembangkan program-program inovatif, yang sejalan dengan perkembangan teknologi terbaru, yang dapat mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Poster